Home
Teknologi Rekayasa Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 21 Desember 2022 07:34:54
PENGENALAN PEMROGRAMAN ROBOT LINE FOLLOWER BAGI SISWA-SISWI SMP EKSPERIMENTAL MANGUNAN

Metode pembelajaran dengan memadukan Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics (STEAM) disebut sebagai metode yang sesuai untuk pembelajaran di abad 21. Pembelajaran di abad 21 memiliki 3 subyek utama, yakni (1) keterampilan belajar dan inovasi, (2) informasi, media, dan teknologi, dan (3) keterampilan hidup dan berkarir. IEEE pun membuat panduan dalam “IEEE Activities with Children” [2]. Metode pembelajaran dengan metode ini pun menjadi concern dari IEEE [3, 4]. Sebagai bentuk kontribusi Fakultas Vokasi untuk mengajak para remaja terlibat dengan STEAM, Fakultas Vokasi berkolaborasi dengan SMP Eksperimental Mangunan mengadakan Pengenalan Pemrograman Robot Line Follower Bagi Siswa-Siswi SMP Eksperimental Mangunan. Kegiatan dilakukan pada tanggal 29 September 2022 yang dihadiri oleh 24 Siswa-Siswi dari SMP Eksperimental Mangunan (nug).

 

Referensi:

  1. Dian Kusumawardani, 2020, “7 Alasan Mengapa Metode Pembelajaran STEAM Penting untuk Pembelajaran Anak,”  https://blog.kejarcita.id/, diakses 20 Desember 2022
  2. IEEE, “IEEE Activities with Children,” https://www.ieee.org/about/volunteers/risk-insurance/, diakses 20 Desember 2022
  3. Johanna Perez, 2021, “Inspire Kids to Study STEM with These Educational Resources,” https://spectrum.ieee.org/stem-educational-resources-for-kids, diakses 20 Desember 2022.
  4. V. M. Ramesh, "STEM activities for toddlers," 2017 IEEE Integrated STEM Education Conference (ISEC), 2017, pp. 85-87, doi: 10.1109/ISECon.2017.7910254.