Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
PROFIL
 
Profil Politeknik Mekatronika Sanata Dharma

SEJARAH

Fakultas Vokasi USD yang merupakan metamorfosis dari Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD).  Embrio dari Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) adalah Program D3 Mekatronika dibuka pertama kali pada tahun 1998 dengan SK Ditjen DIKTI No.149/DIKTI/Kep/1998. Saat pertama kali dibuka, Program Studi D3 Mekatronika berada di bawah Jurusan Teknik Mesin, Fakutas Teknik, Universitas Sanata Dharma. Program studi D3 Mekatronika saat itu merupakan satu-satunya program studi vokasi yang ada di Universitas Sanata Dharma. Karena kebutuhan akan tenaga kerja siap pakai semakin besar dan karena sistem pendidikan Vokasi berbeda dengan sistem Pendidikan Akademik yang dikelola oleh Universitas Sanata Dharma, maka diputuskan pemisahan program studi D3 Mekatronika dari Universitas Sanata Dharma dan membentuk Politeknik. Nama Politeknik yang dipilih adalah Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD).

Sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UUPT) No. 12 tahun 2012, politeknik minimal harus memiliki 3 program studi. Politeknik Mekatronika Sanata Dharma memiliki tiga program studi jenjang diploma III, yaitu: Mekatronika, Instrumentasi Medis, dan Desain Produk Mekatronika. SK Ijin pendirian politeknik terbit dan ditetapkan sejak tanggal 11 Agustus 2011, dengan SK No. 175/E/O/2011 yang disahkan oleh Mendiknas RI.

Seiring dengan perkembangan, Program studi Instrumentasi Medis berubah nama menjadi Teknologi Elektromedis. Pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018 adalah hari yang membahagiakan bagi seluruh Civitas PMSD khususnya Program Studi Instrumentasi Medis. Pada hari tersebut secara resmi, nama Program Studi Instrumentasi Medis Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta, berubah menjadi Program Studi TEKNOLOGI ELEKTROMEDIS. Perjuangan yang cukup panjang akhirnya membuahkan hasil.  Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 364/KPT/I/2018 tertanggal 16 April 2018 maka program studi Teknologi Elektromedis telah sah diakui.

tanggal 18 Oktober 2019 adalah hari yang membahagiakan bagi seluruh Civitas PMSD khususnya Program Studi Desain Produk Mekatronika (DPM). Pada hari tersebut secara resmi, nama Program Studi Desain Produk Mekatronika (DPM) Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta, telah resmi berubah menjadi Program Studi TEKNOLOGI PERANCANGAN MEKANIK (TPM). Perjuangan yang cukup panjang, yang dimulai dari tahun 2017, akhirnya membuahkan hasil.  Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 1009/KPT/I/2019 tertanggal 17 Oktober 2019 maka program studi Teknologi Perancangan Mekanik telah sah diakui.

Pasa tahun 2020, Keputusan Yayasan Sanata Dharma bahwa Politeknik Mekatronika Sanata Dharma akan kembali bersatu dengan Universitas Sanata Dharma

Pada tanggal 4 November 2020, Diserahkan SK Mendikbud RI tentang izin penyatuan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma ke Universitas Sanata Dharma menjadi Fakultas. Dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.949/M/2020 tanggal 14 Oktober 2020, maka ijin pendirian Politeknik Mekatronika Sanata Dharma No175/E/2011 yang diselenggarakan oleh Yayasan Sanata Dharma dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Program studi Mekatronika Program Diploma Tiga, Teknologi Elektromedis Program Diploma Tiga dan Teknologi Perancangan Mekanik Program Diploma Tigas secara resmi diselenggarakan oleh Universitas Sanata Dharma

 


 VISI

Menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis melalui pendidikan tinggi vokasi demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat.

 

 MISI

1.      Meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, nilai Kristiani (Spiritualitas Ignatian), serta budaya bangsa.

2.      Meningkatkan relevansi kompetensi lulusan dengan IDUKA (Industri dan Dunia Kerja) dengan memadukan pengetahuan, keterampilan, dan integritas pribadi berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, nilai Kristiani (Spiritualitas Ignatian), serta budaya bangsa.

3.      Meningkatkan  kontribusi bagi masyarakat dan industri melalui karya inovasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kontekstual dengan era Revolusi Industri 4.0.

 

 

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Vokasi diturunkan dari Misi Fakultas Vokasi dan dirumuskan sebagai berikut:

1.      Meningkatnya efektivitas dan efisiensi organisasi berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, nilai Kristiani (Spiritualitas Ignatian), serta budaya bangsa.

2.      Meningkatnya relevansi kompetensi lulusan dengan IDUKA dengan memadukan pengetahuan, keterampilan, dan integritas pribadi berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, nilai Kristiani (Spiritualitas Ignatian), serta budaya bangsa,

3.      Meningkatnya kontribusi melalui karya inovasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kontekstual dengan era Revolusi Industri 4.0, melalui kerja sama dengan berbagai mitra yang memiliki visi serta kepedulian yang sama serta melalui pemberdayaan alumni dalam pengembangan keterlibatan nyata di tengah masyarakat untuk meningkatkan martabat dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

PELUANG KERJA

Segmentasi pasar kebutuhan tenaga ahli di bidang mekatronika/instrumentasi medis/desain produk mekatronika adalah:

1. Automotive Industries
2. Food and packaging Industries
3. Electronics Industries
4. Pharmacy Industries
5. Oil & gas Industries
6. Mining
7. Chemical Industries
8. Construction (Elevator/escalator)
9. Hospital equipment industries
10. Maintenance medical instruments in hospital
11. Manufacturing Industries
12. Education & training
13. Textile industries
14. Medical equipment supplier
15. IT & Computer solution
16. Home appliance industries
17. Automation Solution Consultant
18. Toys industries
19. Entrepreneur
20. System control instrumentation
21. Designer product in mechatronic